Kucing Balinese

Ras Kucing Balinese adalah kucing yang mempunyai tipe tubuh oriental, langsing dan panjang ditutupi bulu panjang dengan pola warna seperti ras siam atau colorpoint. Nama Balinese dinamakan oleh seorang breeder kucing Helen Smith. Helen menamakan ras kucing Balinese karena keagungan kucing tersebut menyerupai keagungan penari bali. Helen dan rekannya Marion Dorsey yang sama-sama sebagai breeder kucing memutuskan untuk mengembangbiakan Longhaired Siamese dan menjadi kucing Ras Balinese.

Profile Kucing Balinese

Ras ini merupakan bentukan yang spontan akibat dari mutasi ras siam. Perbedaan yang mencolok dengan ras siam adalah dari panjang bulu. Balinese terbagi menjadi dua jenis yaitu Balinese tradisional dan Balinese modern. Balinese tradisional mempunyai badan yang lebih berat dan tegap, bentuk kepala lebih bundar, dan mempunyai daun telinga yang lebih bundar dibanding dengan Balinese modern.

Balinese tradisional mempunyai bulu panjang sekitar 5cm yang menutupi seluruh tubuh. Sementara itu Balinese modern mempunyai bulu yang lebih pendek di sekitar kepala serta badannya. Bulu panjang hanya tumbuh di sekitar bagian ekor saja. 

Ciri Ras Kucing Balinese

Kucing Balinese termasuk golongan longhair sedang. Ciri fisiknya adalah Kepala : Panjang, berbentuk segitiga. Hidung : Mancung dan lurus tanpa ada terpisah. Telinga : Bagian dasar melebar dan besar. Mata : Berukuran medium dan berbentuk almond. Badan : Panjang dan langsing. Kaki : Panjang dan langsing, Bentuk oval dan berukuran kecil. Cakar : Lima jari di kaki depan dan empat jari di kaki belakang, Besar bulat dan kokoh. Bulu : Lembut mengkilap dan merekah, Panjang sekitar 5cm. Ekor : Panjang dan Tipis

Kelebihan dari ras kucing balinese adalah ; lebih pendiam dari siamese, Lincah dan Vokal, mudah disayang, cocok dengan anak-anak, sangat cantik dan lemah gemulai. Hal yang perlu diperhatikan dari ras kucing balinese adalah mereka tidak suka ditinggal sendirian dan perlu disisir setiap hari.

Demikian tentang profile kucing balinese, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bari pecinta kucing terutama pecinta kucing balinese.

Comments :

0 comments to “Kucing Balinese”

Post a Comment

Advertisment

Followers

Contact Form

Name

Email *

Message *