Usia Ideal Perkawinan Kucing Persia

Berapa sih usia ideal kucing persia untuk dikawinkan ? pertanyaan itu cukup lumrah terdengar dari para pemula yang menjadi kucing persia mania ataupun peternak kucing persia pemula. Selain memang makhluk hidup ditakdirkan untuk berkembang biak, perkawinan juga untuk mendapatkan keturunan yang lebih baik apalagi menyangkut dengan komersil. Tentunya para cattery ingin memperoleh keturunan yang baik dan mempunyai kualitas yabg baik untuk di komersilkan maupun dipelihara. 

Usia ideal perkawinan kucing persia kadang tak terprediksi, tetapi pada umumnya usia ideal perkawinan untuk kucing persia betina yaitu setelah berumur 8 Bulan - 1,2 Tahun dimana birahi dan mental serta fisiknya sudah siap. Sedangkan pada kucing persia jantan umumnya usia ideal perkawinan bila sudah memasuki usia 1 tahun atau lebih. 

Perhatikan cara mengawinkan kucing persia. Adapun ciri betina sudah siap kawin adalah : bersuara keras, lebih manja, nafsu makan kadang berkurang, gerakanya lincah, suka menggesekan tubuh ke dinding, sering berguling - guling, sensitif dan bulu terlihat bersinar. 


Bila si kucing sudah mengalami tanda-tanda tersebut berarti sudah siap kawin, namun bila usianya sudah 1 tahun tetapi belum mengalami tanda-tanda tersebut, jangan dulu dikawinkan. Suplai lah Vitamin E untuk meningkatkan hormon supaya birahi cepat timbul dan kucing siap kawin. 

Masa perkawinan kucing biasanya berlangsung sekitar satu minggu. Rawatlah dengan baik supaya proses kehamilan dan melahirkan berjalan lancar. Perhatikan kebersihan dan kelayakan kandang, bersihkan kandang dengan bersih dan hati - hati. permukaan kandang jangan terlalu lembab dan dianjurkan menggunakan water dispenser untuk penampungan air minumnya agar tidak tumpah bila menggunakan penampungan air minum biasa. Perhatikan makannanya supaya memberikan pakan yang mengandung protein yang tinggi agar perkembangan janin stabil dan normal.

Usahakan agar kucing yang sedang hamil berada terus dirumah untuk memastikan keselamatan dan tidak memakan makanan yang sembarangan yang dapat mengganggu proses kehamilan. Demikian bahasan usia ideal perkawinan kucing persia yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda dalam merawat atau beternak kucing persia.

Comments :

0 comments to “Usia Ideal Perkawinan Kucing Persia”

Post a Comment

Followers

Contact Form

Name

Email *

Message *